• Alamat Jl. Lili kembang, Maguwo, DIY
Call Center: (0274) 280 3000
Sumber: (https://www.freepik.com/premium-photo/image-asian-family-cooking-home_23422352.htm#query=family%20healty%20food&position=9&from_view=search&track=sph?

Masih ingat dengan slogan empat sehat lima sempurna? Pasti tidak asing dong ya. Sejak kecil kita sudah dikenalkan dengan istilah ini untuk menjaga keseimbangan gizi kita. Tapi tahukah Anda, ternyata slogan tersebut sudah tidak berlaku lagi lo. Yup, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah mengubah konsep ini menjadi Pedoman Gizi seimbang. Nah, tepat di peringatan Hari Pangan Sedunia ini, yuk kita simak lagi gizi dan nutrisi yang harus kita penuhi untuk hidup yang lebih sehat dan seimbang.

Gizi yang seimbang merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap orang demi membangun tubuh yang sehat serta kuat. Tubuh yang kuat mampu menjadi agen dari kemajuan setiap bangsa. Sehingga, nantinya kesehatan dan ketahan dunia pun semakin stabil. Inilah sebabnya Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) sebagai organisasi dunia yang bergerak di bidang pangan dan pertanian, mengkampanyekan pentingnya ketahanan pangan dunia. kampanye ini dilakukan demi menciptakan manusia dan lingkungan yang sehat. Laporan dari The State of Food Security and Nutrition in The World 2021 menyebutkan dunia sedang erada dibawah ancaman malnutrisi global. Hal ini tidak terlepas dari adanya peningkatan prevalensi angka kekurangan gizi yang meningkat sejak tahun 2019. Malnutrisi ini adalah akibat dari adanya fenomena kelaparan yang melanda banyak wilayah di dunia. Dampaknya tidak semata pada wilayah itu saja, tapi secara global pun akan mebawa efek domino di kesehatan dunia.

Kita sebagai bangsa Indonesia tentu patut bersyukur. Di negeri kita tercinta ini, banyak sumber daya alam yang melimpah, sehingga masyarakat mudah memenuhi kebutuhan gizinya dengan mudah. Meskipun begitu, kita juga tidak boleh menutup mata dari realita yang ada bahwa beberapa wilayah di Indonesia pun masih bida ditemukan adanya fenomena gizi buruk. Banyak anak-anak Indonesia yang mengalami gizi buruk ini. Oleh sebab itu, berbagi kepada sesama untuk membangun Indonesia yang lebih sehat adalah langkah mudah untuk kamu dalam merayakan Hari Pangan sedunia ini. Berbagi untuk sesama, seperti tema Hari Pangan Sedunia di tahun ini tentang Leave No One behind, atau tidak meninggalkan siapa pun di belakang.

Menjaga keseimbangan gizi untuk diri dan keluarga memang terlihat gampang-gampang susah ya. Eitss tapi tenang saja, ada tips untuk Anda dalam menjaga keseimbangan gizi dan nutrisi dengan mudah. Cukup dengan memperhatikan isi piringmu. Yes betul banget, Anda enggak salah baca kok.


Sumber: (https://www.kompasiana.com/deaamalia4029/62f66722a1aeea58db48bad2/edukasi-dan-games-isi-piringku-pengganti-slogan-4-sehat-5-sempurna-pada-anak-anak-tk)

Asupan makanan yang ada dipiring kita memang penting diperhatikan jumlah gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya. Seperti yang sudah disosialisasikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tubuhmu akan tercukupi asupan gizinya jika di dalam satu piring terdapat karbohidrat, sayuran, protein, dan buah-buahan. Jumlahnya tentu sesuai dengan rekomendasi yang diberikan ya, yaitu 50% berisi karbohidrat dan sayuran, sedangkan 50% lainnya berisi buah dan protein. Nah, yang membedakan konsep Pedoman Gizi Seimbang denga empat sehat lima sempurna adalah terletak penyeimbang lainnya seperti asupan minum air putih yang cukup dan juga aktivitas fisik setiap harinya kurang lebih 30 menit.

Menjaga keseimbangan gizi juga dapat dilakukan dengan cara lain. Seperti dalam metode mengolah bahan makanan, agar tetap terjaga nilai nutrisinya. Anda mungkin sering melihat anjuran memasak sayuran tidak terlalu matang bukan? Nah, itulah contoh dari usaha mengolah makanan yang paling sehat karena mengurangi kerusakan nutrisi dalam bahan makanan tersebut. Anda juga bisa mengolah bahan makanan lainnya dengan metode lain seperti mengukus dan menumis. Penting diperhatikan saat mengolah bahan makan agar nutrisinya terjaga adalah tidak terlalu matang dan tidak juga masih dalam keadaan mentah. Pastikan variasikan setiap makanan yang ada, sehingga tidak mudah bosan dan nutrisi yang didapatkan pun bisa semakin banyak.

Nah, itu tadi kiat-kiat yang bisa Anda lakukan dalam menjaga keseimbangan gizi. Pedoman Gizi Seimbang dapat membantu anda mengelola dan mengontrol asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Hari Pangan Sedunia ini bisa menjadi momen yang tepat untuk Anda dan keluarga kembali mengecek asupan yang ada di piring masing-masing. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan dan perbanyak aktivitas gerak agak tubuh Anda semakin bugar.

Anda juga bisa mengunjungi ahli gizi yang bisa membantu anda dalam memberikan saran tentang gizi yang baik sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Rumah Sakit Bunga Bangsa siap melayani dan menjadi pendamping gizi Anda dan keluarga. Ahli gizi yang professional dan konsultatif dapat membantu Anda dan keluarga yang ingin hidup lebih sehat hingga konsultasi diet dengan memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang ditangani langsung oleh ahlinya. Yuk, jangan ragu lagi untuk datang dan konsultasikan gizi Anda dan Keluarga di Rumah Sakit Bunga Bangsa. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu, ya.