• Alamat Jl. Lili kembang, Maguwo, DIY
Call Center: (0274) 280 3000

AYO, RUTIN CEK DARAH MULAI SEKARANG

Anda mungkin pernah mendengar tentang cek darah, atau mungkin justru Anda pernah melakukannya? Bagi sebagian orang, cek darah mungkin sebuah kegiatan yang sudah tidak asing lagi ya. Tapi, beberapa orang lainnya justru terasa asing, bahkan belum pernah melakukannya. Padahal sejatinya, cek darah sangat diperlukan dan bermanfaat untuk kita lho. Apa saja kegunaan dan manfaatnya? Kapan kita harus melakukan cek darah? Mari simak ulasan di bawah ini.

Cek darah merupakan salah rangkaian kegiatan medical chek up yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit seperti anemia, gula darah, infeksi, hingga masalah kesehatan lainnya. Tidak hanya untuk orang yang sedang sakit, cek darah secara rutin juga diperlukan oleh orang sehat. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi penyakit yang ada di dalam tubuh kita, yang mungkin tidak terlihat dan tidak disadari oleh penderitanya. Tidak hanya itu, ibu hamil dan orang-orang dengan resiko penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit yang berhubungan dengan darah juga dianjutkan untuk rutin melakukan cek darah. Anda bisa rutin mengecek darah setiap satu atau dua bulan sekali, agar kesehatan Anda tetap terpantau dengan baik.

Sumber: freepik.com

Cek darah bisa dilakukan di layanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik, ataupun laboratorium yang menyediakan pelayanan cek darah. Tenaga medis yang sudah terlatih dan berpengalaman akan mengambil sampel darah Anda. Waktu yang diperluka tidak lama juga kok, hanya sekitar 5 sampai 10 menit saja. Tenaga medis akan mengambil sampel darah dari siku dalam atau salah satu jari Anda. Setelah itu, darah yang sudah berhasil diambil akan dimasukkan ke dalam wadah tabung untuk kemudian dianalisis lebih lanjut. Anda tinggal menunggu hasilnya deh. Cek darah ini memiliki beberapa tujuan dan manfaat pastinya. Jika Anda ingin mengetahui kadar kolesterol atau gula darah biasanya hasil akan keluar lebih cepat. Berbeda jika Anda memiliki tujuan untuk mengetahui adanya penyakit lainnya seperti infeksi, atau kadar zat kimia yang terkandung dalam darah Anda, kemungkinan hasil akan keluar dalam beberapa hari.

Sumber: freepik.com

Anda dapat mendeteksi kadar gula darah, kolesterol, penyakit kardiovaslukar, paru-paru, autoimun, hingga peradangan tubuh dengan melakukan cek gula darah. Hasil cek gula darah ini bisa menjadi patokan untuk Anda dan dokter mengenai tahapan periksa selanjutnya jika memang ditemukan hasil yang kesehatan yang kurang baik. Cek darah juga secara umum akan menunjukan kondisi hemoglobin, trombosit, sel darah merah, sel darah putih dalam tubuh. Jika semua kondisi dalam darah baik maka Anda tidak perlu khawatir, namun jika sebaliknya maka segera hubungi dokter Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jika saat ini Anda atau keluarga ingin melakukan cek darah dan kimia darah, ada informasi menarik nih. Rumah Sakit Bunga Bangsa Medika memberikan layanan gratis cek darah dan kimia darah bagi setiap orang atau pasien Poli Umum. Cek darah dan kimia darah ini bebas biaya alias gratis. Kegiatan ini dilakukan setiap bulannya lho, menarik sekali bukan. Bagi Anda yang berdomisili di sekitar DIY, bisa memanfaatkan kegiatan ini ya. Jangan sampai terlewatkan karena cek darah dan kimia darah ini memiliki kuota 25 orang saja setiap bulannya.

Manfaat dari cek darah yang rutin dapat menjadi tolok ukur dalam memantau kesehatan kita dan keluarga. Jadi, mulai sekarang ajak sahabat, keluarga, dan kerabat untuk rutin melakukan cek kesehatan diri, agar resiko-resiko kesehatan dapat terdeteksi lebih dini.

Salam Sehat!