• Alamat Jl. Lili kembang, Maguwo, DIY
Call Center: (0274) 280 3000

                Telinga merupakan salah satu indra yang banyak memberi kesan dan pengalaman dalam kehidupan manusia. Banyak memori yang mampu direkamnya. Tidak ayal, pendengaran menjadi salah satu kebutuhan selama manusia hidup. Bahkan, ketika terjadi sedikit gangguan saja, kita akan merasa sangat terganggu dan tidak nyaman. Oleh sebab itu, merawat kesehatan telinga sangat penting untuk menjaga pendengaran kita.

                Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan telinga. Mulai dari menhindari hal-hal yang dapat merusak pendengaran, mebersihkan telinga, hingga melakukan pemeriksaan secara rutin. Namun, yang harus menjadi perhatina adalah ketika kita hendak memberisihkan telinga, pastikan cara yang digunakan harus aman ya. Berikut tips merawat kesehatan telinga untuk menjaga pendengaran.

  1. Jaga Telinga agar Tetap Kering
Sumber: Freepik.com

Sifat air yang basah dapat membyat sesuatu yang terkena menjadi lebih mudah lembab. Sama halnya seperti benda-benda lainnya, ketika telinga sering basah dalam keadaan seperti akan lebih mudah membuat telinga menjadi lembab. Kelembaban inilah yang nantinya akan membuat telinga menjadi mudah iritasi dan infeksi akibat dari jamur dan bakteri yang berkembang biak. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga telinga untuk tetap kering agar jamur dan bakteri tidak mudah tumbuh dan akhirnya menginfeksi telinga. Jika Anda memiliki hobi berenang, Anda bisa mengupayakan untuk selalu menggunakan earplug agar dapat menghalangi air masuk ke dalam telinga. Namun apabila secara tidak sengaja air masuk ke dalam telinga, cobalah untuk memiringkan kepala Anda, agar air yang masuk ke telinga dapat dengan mudah mengalir keluar.

  • Hindari Telinga dari Suara yang Keras
Sumber: Freepik.com

Suara yang terlalu keras juga berpotensi bisa merusak pendengaran. Organ-organ di dalam telinga seperti halnya gendang telinga yang cukup sensitif dan sangat lunak ini dapat rusak jika terlalu sering mendengarkan suara yang keras. Apalagi jika suara keras yang didengarkan berlangsung cukup lama. Hal ini bisa berakibat fatal pada pendengaran.

  • Gunakan Headset dengan Bijak
Sumber: Freepik.com

Saat ini pengunaan headset sudah saat umum di kalangan masyarakat. Banyak orang yang merasa nyaman menedengarkan music atau siaran radio dari perangkatnya menggunakan headset, seakan-akan memiliki dunianya sendiri. Tapi tahukah Anda, penggunaan headset secara berlebihan bisa menyebabkan kesehatan telingan terpengaruh lo. Pendegaran yang semula normal dan sehat dapat terganggu karena penggunaan headset yang terlalu lama, apalagi jika digunakan dengan volume musik yang keras. Jika Anda memang terpaksa harus sering menggunakan headset, maka usahakan mengistirahatkan telinga sejenak. Setidaknya satu jam penggunaan beri jeda 5 sampai 10 menit untuk telinga beristirahat dengan melepaskan headset. Selain itu, rutinlah membersihkan headset agar tidak menjadi sarang bakteri yang dapat merugikan kesehatan telinga Anda.

  • Bersihkan Telinga dengan Cara yang Benar
Sumber: Freepik.com

Adakalanya saat merasa telinga terasa gatal dan tidak nyaman kita akan otomatis mencari cara untuk membersihkannya. Umumnya, banyak orang yang langsung mencari cotton bud untuk membersihkan telinga. Padahal penggunaan cotton bud ini sangat tidak disarankan oleh dokter lho. Hal ini disebabkan karena resiko kotoran makin terdorong ke dalam menjadi lebih besar. Belum lagi resiko kapas yang sewaktu-waktu bisa terlepas didalam rongga telinga akan sangat berbahaya. Anda bisa membersihkan telinga dengan cara yang aman yaitu dengan datang ke dokter THT. Proses pembersihan hingga alat yang digunakan pastinya aman dan steril.

  • Rutin Periksakan Telinga ke Dokter
Sumber: Freepik.com

Berapa kali Anda mengunjungi dokter THT untuk memeriksakan telinga Anda? Kebanyakan dari kita biasanya ragu, malu, atau bahkan menganggap jika telinga kita tidak ada keluhan artinya sehat dan tidak perlu memeriksakannya ke dokter. Padahal pemeriksaan rutin ke dokter sangat diperlukan untuk memantau kondisi kesehatan telinga. Tidak adanya keluhan pada pendengaran, bukan berarti telinga kita dalam keadaan baik. Bisa jadi kita belum menyadarinya hingga akhirnya sampai di infeksi yang parah. Padahal penanganan sedini mungkin dapat memperkecil resiko infeksi yang lebih parah. Oleh sebab itu, pemeriksaan rutin ke dokter perlu diagendakan dengan rutin agar telinga kita selalu terjaga dan sehat.

                Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menjaga dan merawat kesehatan telinga. Telinga yang bersih dan sehat tentu akan membuat pendengaran menjadi lebih jernih dan nyaman. Tidak hanya itu, merawat kesehatan telinga sama artinya dengan menjada kelangsungan pendengaran kita hingga tua nanti. Jadi, ayo mulai sekarang jaga dan rawat telinga kita dengan baik.

Salam sehat!