• Alamat Jl. Lili kembang, Maguwo, DIY
Call Center: (0274) 280 3000

Penyakit Maag, Kesehatan Tubuh, dan Madu – Madu Manuka masuk ke dalam daftar 5 madu terbaik di dunia. Madu langka yang unik dan diproduksi di Selandia Baru ini diperoleh dari lebah nektar pohon Manuka yang banyak tumbuh di Selandia Baru.

Penelitian ilmiah yang telah dilakukan selama bertahun-tahun telah membuktikan kualitas alami madu Manuka yang luar biasa salah satunya adalah sifat anti-bakteri.

Kenali dulu Madu Manuka

Butuh keahlian khusus untuk mendapatkan madu terbaik secara alami, oleh sebab itu banyak peminat yang mencari madu Manuka walau harganya terbilang tak se-ekonomis madu pada umumnya.

Perlu diketahui, madu Manuka asli hanya diproduksi di Selandia Baru dan kualitas terbaik hanya tersedia selama beberapa minggu setiap musim panas ketika pohon Manuka berbunga.

Untuk memperoleh nektar dari bunga Manuka, sarang lebah harus berada di daerah yang tepat. Angin yang terlalu kencang akan memindahkan bunganya sementara hujan mencegah lebah keluar dari sarangnya.

Madu manuka memiliki sifat anti bakteri empat kali lipat dibandingkan madu pada umumnya.

MGO (methylglyoxal) merupakan senyawa alami yang membuat madu manuka begitu istimewa. MGO terkandung dalam madu matang dari nektar pohon Manuka.

Saat madu siap panen kadar MGOnya meningkat, butuh pengetahuan dan keahlian untuk penyimpanan madu. Selanjutnya teknik pengujian yang tepat untuk memastikan potensi, kualitas dan kemurnian madu.

Kadar MGO pada setiap botol Manuka bervariasi dan telah disertifikasi secara resmi.

Perbedaan Madu Manuka dan Madu Biasa

Pada dasarnya, beragam jenis madu yang tersedia di pasaran memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam madu mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan risiko infeksi dan penyakit berbahaya lainnya. Berikut beberapa perbedaan madu Manuka dengan madu biasa:

  1. Tekstur dan warna madu

Madu biasa umumnya berwarna coklat tua atau orange dan lebih cair sedangkan madu Manuka berwarna seperti karamel, keruh dan tekturnya kental. Lebih kental dibandingkan madu biasa.

  1. Sistem standarisasi

Sistem penilaian kualitas madu yang terpercaya terdiri dari 2 jenis yaitu MGO dan UMF. Madu Manuka bersertifikat UMF dan MGO. Label MGO memberikan informasi jumlah kandungan methylglyoxal dalam setoples madu.

Semakin tinggi angka MGO berarti semakin tinggi pula sifat anti-bakteri yang terkandung di dalamnya. Sedangkan standarisasi UMF merupakan penanda madu tela melewati standar ketat kemurnian dan kualitas. Biasanya madu biasa hanya mendapatkan sertifikasi UMF saja. Bahkan ada yang tidak dinilai kualitasnya.

  1. Kandungan nutrisi dalam madu

Kandungan senyawa anti-bakteri pada madu Manuka mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Jumlahnya mencapai 4 kali lipat lebih banyak dibandingkan madu biasa. Ini tentunya menjadi nilai tambah bagi madu Manuka dibandingkan madu biasa terkait fungsinya untuk menjaga kesehatan tubuh.

penyakit maag

Kenali Juga Kondisi Penyakit Maag

Gastritis adalah istilah medis dari penyakit maag ketika terjadi peradangan dan kerusakan pada lapisan perut. Secara umum terdapat dua tipe penyakit gastritis yatu:

  1. Gatritis akut

Mengacu pada peradangan tiba-tiba pada lapisan lambung yang disebut mukosa lambung. Lapsan tersebut akan tampak memerah dan menunjukkan banyak sel mengalami peradangan jika diperiksa secara mendalam. Area pendarahan kecil mungkin terjadi.

Gastritis akut umumnya terjadi akibat iritasi akut pada lapisan lendir pelindung mukosa lambung. Racun (termasuk alkohol), obat anti-inflamasi non steroid dan infeksi bakteri tertentu (biasanya helicobacter pylori) menjadi penyebab terjadinya gastritis akut.

  1. Gastritis kronis

Jenis ini mengacu pada peradangan dan kerusakan lapisan lambung yang persisten. Mukosa lambung menjadi lebih tipis dan peradangan yang terjadi mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Jika gastritis kronis tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, sel-sel dapat berkembang ke tahap peningkatan risiko kanker lambung. Penyebab lain dari gastritis kronis antara lain: penyakit autoimun, infeksi langka tertentu , operasi lambung dan pola makan.

Penyakit maag sering juga disebut tukak lambung. Pada umumnya maag menimbulkan gejala yang mungkin timbul yaitu: rasa tidak nyaman di perut, kembung, sensasi panas (heartburn), nyeri perut atau dada, mual, muntah , mulut terasa asam/pahit dan lain-lain.

Solusi Utama Penyakit Maag

Lambung menjadi salah satu bagian dari sistem pencernaan yang bertugas mengolah makanan dan minuman yang masuk. Asam lambung menjadi salah satu penyebab penyakit maag selain bakteri.

Refluks asam lambung terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa tidak nyaman di perut maupun kerongkongan. Asam lambung sendiri berfungsi sebagai proteksi untuk membunuh kuman dan bakteri, pemecah protein dan merangsang organ lain yaitu usus dan pankreas untuk mencerna nutrisi.

Jika anda menderita maag, hindari hal-hal yang memicu refluks asam lambung. Jauhi makanan pedas, asam, alkohol dan rokok. Perhatikan konsumsi aspirin atau ibuprofen, konsultasikan dengan dokter anda. Jaga pola makan seimbang, cobalah makan dalam porsi kecil namun sering dan minimalisir stress.

Madu dan Manfaatnya dalam mengobati Penyakit Maag

Sebagian besar jenis madu mengandung komponen yang menghasilkan hidrogen peroksida sebagai senyawa anti bakteri. Madu manuka mengandung zat anti-bakteri yang unik dari pohon manuka sehingga menghalau bakteri helicobacter pylori di lambung.

Sebuah studi laboratorium yang dilakukan pada tahun 1994 menunjukkan bahwa madu manuka mampu menghambat tujuh jenis bakteri helicobacter pylori.

Semakin tinggi nilai MGO pada madu manuka maka semakin efektif pula untuk melawan bakteri penyebab gastritis. Kabar baiknya, madu manuka dapat diminum setiap hari tanpa efek samping.

Namun madu manuka sifatnya adalah meminimalisir efek samping karena penyakit gastritis bukan menyembuhkan sepenuhnya penyakit tersebut.

Selain gastritis, madu diklaim mampu meringankan radang tenggorokan, batuk, diare, luka bakar karena kandungan anti bakteri yang bermanfaat bagi tubuh. Madu manuka juga kaya akan antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung.

.

Baca Juga: https://rsbungabangsamedika.com/wajib-baca-mudahnya-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-anak/

.