• Alamat Jl. Lili kembang, Maguwo, DIY
Call Center: (0274) 280 3000
run.jpg

Bisa Rugi Sampai Hari Tua, Lho!

Olahraga kini menjadi tren baru yang sedang ramai di masyarakat, khususnya di kalangan anak muda. Banyak yang akhirnya menjadikannya hobi sekaligus merubah gaya hidup yang lebih sehat. kebiasaan dan tren baru yang sedang berkembang ini tentunya sangat baik sekali ya. Artinya, banyak orang yang kini semakin peduli dengan gaya hidup sehat. Di sisi lain, fenomena ini juga menjadi gambaran dari semakin banyaknya orang-orang yang peduli dengan kesehatannya di masa kini hingga masa depan. Angka harapan hidup pun pastinya akan meningkat bukan jika tren ini berkembang dengan baik. Kualitas kehidupan masyarakat juga semakin sehat dan baik.

                Olahraga merupakan investasi jangka panjang yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Kenapa demikian? Sebab, dengan olahraga artinya tubuh kita sudah dipersiapkan dengan sungguh-sungguh agar bisa bertahan dari segala macam ancaman risiko kesehatan yang semakin meningkat pada setiap fase usia. Semakin bertambahnya usia, kekebalan tubuh dan daya tahan akan semakin menurun. Oleh sebab itu, mengolah tubuh agar dapat menangkal segala penyakit yang mengintai perlu diasah sejak dini. Lalu apa saja sih, manfaat dari olahraga secara rutin sejak dini?

                Banyaknya kegiatan seperti bekerja, menguruh rumah, dan kegiatan lainnya, kadang kala bisa membuat kita merasa kelelahan hingga akhirnya ‘mager’ alias malas gerak untuk berolahraga. Padatnya kegiatan sehari-hari menuntut kita untuk pandai-pandai mengatur waktu agar bisa menyempatkan diri mengolah tubuh. Anda bisa memanfaatkan waktu yang sempit itu untuk sekedar jogging, work out ringan di halaman rumah, atau mungkin gym fitness di sela-sela waktu pulang kerja bisa menjadi pilihan Anda dalam berolahraga. Jika Anda memiliki hobi lain seperti bermain bulu tangkis, tenis, sepak bola, dan lainnya juga bisa menjadi piluhan menarik untuk Anda tetap menjaga kebugaran tubuh. Manfaat rutin berolahraga dapat Anda dapatkan ketika rutin menghindari ‘mager’ berolahraga. Berikut manfaat rutin berolahraga yang bisa Anda jadikan investasi untuk hari ini dan di masa depan.

  1. Mengontrol berat badan
Sumber: Stockadobe.com

Berat badan yang terkontrol dengan baik dapat menjadi indikasi kesehatan yang stabil. Berat badan sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang. Tidak terjaganya berat badan bisa menyebabkan seseorang terkena obesitas yang bisa mengundang banyak penyakit kronis yang mengintai. Dengan olahraga rutin, berat tubuh akan selalu terjaga karena adanya pembakaran lemak-lemak jahat yang tersimpan dalam tubuh. Tubuh akan terasa ringan dan sehat serta dapat terhindar dari beberapa penyakit kronis. Selain itu, bonus dari rutin berolahraga adalah penampilan akan terlihat selalu sehat, bugar, dan menarik meski usia sudah tidak muda lagi. Gimana? Banyak manfaatnya bukan.

  • Membuat mood lebih stabil
Sumber: Freepik.com

Saat berolahraga tubuh bergerak dan banyak membuang toxic-toxic yang ada dalam tubuh, tidak hanya itu, ketika rutin berolahraga, banyak senyawa kimia yang meningkatkan mood dan suasana hati dihasilkan oleh tubuh. Tidak heran jika setelah berolahraga mood dan suasana hati menjadi lebih stabil.

  • Mengurangi risiko beberapa penyakit
Sumber: Freepik.com

Aktiv bergerak dan mengolah tubuh seara rutin terbukti dapat mengurangi banyak risiko terjangkit penyakit-penyakit berbahaya. Ketika banyak bergerak, tubuh menjadi lebih sehat karena banyak otot dan fungsi-fungsi organ yang yang terlatih. Rutin berolahraga sama halnya dengan mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, jantung, obesitas, dan tekanan darah menjangkiti tubuh kita. Penyakit-penyakit tersebut mungkin belum terasa gejalanya ketika Anda masih diusia muda, tetapi semakin bertambahnya usia maka gejala dari penyakit-penyakit tersebut akan mulai terasa dan pastinya sangat mengganggu sekali bukan?

  • Baik untuk tulang dan otot
Sumber: Freepik.com

Kekuatan tulang akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia, hal inilah yang harus diperhatikan oleh kita. Tulang sebagai penopang tubuh sangat penting kita jaga kekuatanya agar di masa tua tetap bugar dan bebas bergerak. Olahraga menjadi salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya tulang, ketika aktif berolahraga sendi dan otot juga ikut terlatih kekuatannya.

  • Tidur menjadi lebih berkualitas
Sumber: Freepik.com

Ketika berolahraga akan banyak hormon endorfin dan serotonin yang dilepaskan oleh tubuh. Perasan depresi, stress, dan kecemasan akan mudah berkurang. Dengan begitu, tidur Anda akan semakin nyaman dan nyenyak karena tubuh dan mental Anda juga rileks. olahraga secara teratur dapat membuat tidur Anda semakin berkualitas.

                Olahraga rutin membawa banyak manfaat untuk tubuh maupun kesehatan mental. Hal inilah yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang baik saat ia masih dalam usia muda apalagi yang sudah lansia. Itulah sebabnya mengapa olahraga disebut-sebut sebagai invetasi yang menjanjikan untuk kehidupan kita. Malas berolahraga sama halnya dengan tidak menyayangi diri sendiri. Oleh sebab itu, berapapun usia Anda saat ini, yuk mulai sekarang aktif dan rutinkan diri Anda dan keluarga untuk berolahraga. Salam sehat!