• Alamat Jl. Lili kembang, Maguwo, DIY
Call Center: (0274) 280 3000

Jauhi Kebiaasan-Kebiasaan Ini agar Tubuh Terhindar dari Kanker

                Penyakit kanker saat ini sudah banyak ditemui di masyarakat. Kanker seperti sudah menjadi penyakit yang banyak menjangkiti masyarakat di sekitar kita. Penyakit kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang ditakuti oleh banyak orang. Banyak faktor yang menyebabkan banyak orang yang terjangkit penyakit ini.faktor yang paling besar adalah pola hidup seseorang. Lalu, kebiasaan seperti apa yang memperbesar risiko seseorang terkena kanker? Simak lebih lanjut dalam ulasan berikut ini.

                Kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan memberi banyak sumbangsih dalam kesehatan kita di saat ini hingga masa depan, kebiasan tersebut antara lain:

  1. Pola makan

Menjaga pola makan yang sehat sejak dini sangat penting diperhatikan. Makan-makanan sehat dan bergizi dalam memenuhi asupan tubuh sangat dianjurkan. Tidak hanya itu, mengurangi makan-makan yang membawa risiko kesehatan sangat diperlukan. Banyak generasi saat ini yang sangat rentan dengan berbagai penyakit berabahay seperti kanker, salah satunya disebabkan karena abainya menjaga makanan yang dikonsumsi. Junk food, minuman bersoda, makanan yang dibakar, hingga makanan yang digoreng, dapat membawa risiko kesehatan menjadi lebih besar. Terlebih jika makan-makanan tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan tanpa kontrol dalam membatasi jumlahnya. Makanan-makanan tersebut dalam jangka waktu yang panjang dan jumlah yang tidak dibatasi akan memicu kanker tumbuh di dalam tubuh.

Sumber: Freepik.com

  • Kurang beraktivitas

Masyarakat saat ini dimudahkan dengan berbagai macam layanan yang memudahkan aktivitas. Layanan dan fasilitas saat ini mengakomodasi seseorang dalam meminimalisir gerakan, seperti layanan antar jemput makanan, laudry, dan lain-lain. Tidak hanya itu, faktor pekerjaan saat ini juga banyak yang mengharuskan seseorang untuk duduk di belakang meja kerja mereka selama seharian. Bergerak dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup, tidak terkecuali manusia. Oleh sebab itu, mobilitas tetap dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyankit-penyakit mematikan yang disebabkan dari kurangnya bergerak seperti, kanker, jantung, dan lainnya. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk dalam jangka waktu yang lama, lakukan peregangan dan berjalanlah sesekali waktu untuk merilekskan tubuh Anda. Manfaatkan weekend Anda untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit.

Sumber: Freepik.com

  • Merokok

Kebiasaan merokok sudah jelas memberikan banyak keburukan dalam kesehatan. Banyak dampak dan efek yang diakibatkan dari kebiasaan ini. Nikotin, tar, hingga asap yang terkandung dan dihasilkan dari aktivitas merekok sangat membebani organ tubuh khususnya paru-paru. Merokok menjadi faktor terbesar dari timbulnya berbagai macam jenis kanker. Bahkan rokok menjadi faktor penyebab sepertiga dari seluruh kasus kematian kanker. Merokok tidak hanya berbahay untuk pelakunya, perokok pasif yang terpapar asap rokok pun riskan terkena dampaknya. Masih tetap ingin merokok? Coba tanyakan pada hati kecil Anda.

Sumber: Freepik.com

  • Minuman alkohol

Kandungan yang ada dalam minuman ini dapat merusak kemampuan tubuh dalam mengolah vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu, alkohol juga menyebabkan organ-organ tubuh melemah dan kehilangan fungsinya, khususnya organ liver. Liver akan bekerja lebih keras begitu juga dengan ginjal dan organ tubuh lainnya. Hal inilah yang akhirnya memicu kanker tumbuh dan berkembang menggerogoti tubuh.

Sumber: Freepik.com
  • Kebiasaan tidur

Tidur adalah cara tubuh untuk mengistirahatkan diri dan merecoveri setiap sel yang sudah bekerja untuk tubuh. Tidur sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Manusia sebagai makhluk yang beraktivitas secara aktif memerlukan tidur untuk beristirahat. Seseorang yang sering begadang dan kurang tidur memiliki risiko terkena kanker lebih besar daripada orang-orang yang teratur dan terjaga dalam mengatur waktu istirahat dan tidurnya.

Sumber: Frepik.com

Memiliki tubuh yang sehat hingga tua meruoakan idaman untuk setiap manusia. Kebiasan-kebiasan buruk dalam pola hidup kita sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu, meghindari hal-hal yang membawa dampak buruk bagi kesehatan kita sangat penting dimulai sejak dini. Mencegah adalah tindakan yang bijak daripada mengobati. Jadi, mulai saat ini ayo hindari hal-hal yang mebawa pengaruh buruk terhadap kesehatan, dan mari hidup lebih lama bersama keluarag tercinta.

Salam sehat!