• Alamat Jl. Lili kembang, Maguwo, DIY
Call Center: (0274) 280 3000

Apa itu Metode ERACS?

Kehamilan merupakan suatu proses yang direncanakan, bisa memilih penolong persalinan, metode persalinan dan tempat persalinan. Hendaknya kehamilan menjadi fase yang menyenangkan bagi seorang wanita.

Begitu pula persalinan menjadi pengalaman unik dan mengesankan bagi seorang wanita apapun metode persalinannya.

Prosentase ibu memilih persalinan normal mencapai 85-90% sedangkan SC sekitar 10-15% karena alasan emergensi atau memang berencana. Memang tak dipungkiri, kini SC menjadi pilihan utama metode persalinan dibandingkan normal.

Terkadang proses persalinan tak sesuai dengan rencana dan anda harus melahirkan secara SC. Momok yang menghantui untuk menjalani operasi caesar karena efek samping yang ditimbulkan.

Sulit bergerak, pemulihan cenderung lama, pengaruhnya pada kelancaran menyusui, takut tidak dapat mengurus bayi dengan baik dan ketakutan-ketakutan lain yang berputar di pikiran para calon ibu.

Pada dasarnya, operasi caesar adalah suatu operasi besar yang membutuhkan persiapan matang. Maka dari itu, perlu pemberdayaan diri agar paham tentang prosedur operasi dan efek yang ditimbulkan.

Metode ERACS (Enhanced Recovery After Cesarean) menjadi salah satu solusi bagi anda yang berkehendak melahirkan secara SC namun ingin tetap mampu merawat bayi dengan baik.

Metode ini memungkinkan proses kelahiran dengan operasi sesar lebih nyaman dengan minim nyeri dan pemulihan lebih cepat dibandingkan operasi SC biasa.

Dapat segera menyusui bayi dan melakukan aktivitas sehari-hari. Hasilnya para artis berbondong-bondong memilih ERACS sebagai metode persalinan termasuk Nagita Slavina. ERACS merupakan hasil inovasi dan pengembangan dari konsep ERAS pada operasi bedah.

.

Keuntungan dan Kerugian Metode SC

Pada umumnya semua wanita mampu untuk melahirkan secara alami karena memiliki naluri mendalam dan alamiah tentang kelahiran. Namun faktor risiko ibu dan bayi terkadang menghalangi calon ibu untuk memilih persalinan alami tanpa intervensi.

Maka persalinan SC-lah yang menjadi pilihan. Kasus hipertensi, bayi sungsang, persalinan macet menjadi mayoritas indikasi persalinan SC.

Keuntungan Persalinan SC:

  • Jalan lahir utuh, mengurangi risiko beser dan peranakan turun
  • Tidak merasakan sakit kontraksi karena bius dan teknik operasi
  • Dapat memilih tanggal dan waktu persalinan
  • Menjadi solusi persalinan bagi ibu dengan panggul sempit, hipereklamsia, kelainan letak bayi dan plasenta, infeksi, ketuban pecah dini dan indikasi-indikasi lain.

Selain keuntungan, faktor kerugian  menjalani operasi sesar juga perlu dipertimbangkan antara lain:

  • Pemulihan dan rawat inap lebih lama
  • Terdapat bekas luka dan rasa nyeri yang timbul setelah operasi
  • Komplikasi anastesi dan operasi misal infeksi, penyumbatan pembuluh darah dan lain-lain
  • Kemungkinan SC pada kehamilan berikutnya.

.

Perbedaan ERACS dengan Metode SC Konvensional

Teknik persalinan ERACS akan berhasil jika ada kerjasama kuat antara pasien, dokter, perawat mulai pre hingga pasca operasi. Berikut perbedaan metode ERACS dengan SC biasa

SC biasa ERACS
Puasa 6 jam tidak makan dan minum 8 jam sebelum operasi diperbolehkan makan besar, 6 jam sebelum operasi makan ringan, 2 jam sebelum operasi minum manis cair
Pasca operasi Berbaring 12 jam, makan dan minum bertahap, lepas infus dan kateter setelah 12 jam lebih 2 jam mampu duduk dan berdiri, 6 jam dapat lepas kateter dan belajar berjalan, diperbolehkan minum/makan permen segera setelah operasi, makan biasa setelah operasi
Keberhasilan menyusui Penundaan dalam menyusui selama beberapa jam karena masih dalam pemulihan pasca anastesi Segera dapat menyusui karena 2 jam kemudian sudah mampu duduk dan berdiri.
Pemulihan 24 jam setelah operasi bisa segera pulang

.

Perkiraan biaya ERACS

Dilansir dari berbagai sumber, persalinan dengan metode ERACS berkisar antara 11 juta hingga 20 juta tergantung kelas perawatan yang dipilih. Biaya paket persalinan sudah termasuk jasa dokter untuk ibu, bayi, kamar perawatan dan kamar bersalin.

Persalinan dengan komplikasi dimungkinkan tambahan tindakan medis khusus sebagai langkah penanganan. Metode ERACS yang dipilih harus dengan rekomendasi dan pemantauan dokter obgyn. Untuk metode persalinan ini kami di RS Bunga Bangsa Medika memiliki spesialis dr.Taufik Rahman Alkaff, Sp.OG

Beberapa rumah sakit di Yogyakarta juga telah menyediakan metode ERACS. Anda dapat memilih rumah sakitnya dan berkonsultasi secara intensif dengan dokter mengenai pilihan persalinan tersebut.